Sabtu, 10 Desember 2011

merevisi pembelajaran


Dalam proses pembelajaran  untuk dapat mengetahui apakah  sudah berhasil atau belum akan diadakan sebuah penilaian  mulai dari menetapkan acuan patokan kemudian melaksakan penilaian formatif lalu melakukan tes sumatif dari situ akan kelihatan  apakah proses pembelajaran sudah berhasil atau belum l. Seandainya dari hasil  penilaian yang didapat dinyatakan belum berhasil maka langkah selanjutnya harus diadakan revisi pembelajaran
1.       Hal- hal yang melatarbelakangi kegiatan merevisi pembelajaran:
Kegagalan dalam pelaksanaan pembelajaran atau sustansi bahan pembelajaran dan revisi terhadap cara-cara yang dipakai dalam menggunakan bahan pembelajaran. 5. Ada 4 macam keterangan pokok yang menjadi sumber dalam melakukan revisi yaitu ciri peserta didik, masukan, tanggapan langsung terhadap pembelajaran termasuk tes sisipan, dan jawaban terhadap kuesionar. 6. Aplikasi revisi pembelajaran dapat diterapkan berdasarkan pada data hasil belajar siswa, revisi pada tujuan pembelajaran, revisi terhadap material pembelajaran, dan revisi terhadap prosedur pembelajaran.
A.      Perkembangan sistim kehidupan
B.      Perkembangan kebutuhan hidup
C.      Pesatnya perkembangan teknologi

2.       Ketika tujuan pelaksanaan pembelajaran dinyatakan tidak berhasil akan diadakan revisi , adapun hal- hal yang perlu direvisi diantaranya adalah:
A.      Revisi terhadap Materi ajar/materi pembelajaran
Materi ajar atau materi pembelajaran (revising instructional materials)setelah melakukan evaluasi data- data tanda yang menunjukkan ketidak berhasilan dikumpulkan ,dianalisis sebagai bahan acuan untuk menentukan  / mengidentifikasi bagian atau porsi dari material pembelajaran yang harus di revisi, materi ajar mungkin saja kurang  relefan dengan kondisi siswa  baik kondisi karakternya atau kebutuhan hidup nya
Terdapat dua tipe revisi yang perlu dipertimbangkan dengan material pembelajaran yang dievaluasi yaitu: 1. Perubahan/revisi yang dibuat terhadap isi atau substansi material agar lebih akurat dan lebih efektif sebagai bahan pembelajaran. 2. Perubahan/revisi yang berhubungan dengan prosedur penggunaan material pembelajaran dilakukan agar konsisten dengan tujuan pembelajaran
B.      Revisi terhadap prosedur atau strategi pembelajaran
. Revisi terhadap prosedur pembelajaran Masalah-masalah prosedural dalam pembelajaran diketahui dengan cara:
 1. Mengetahui apakah semua siswa mengalami rintangan logistik yang diperlukan untuk menggunakan bahan pembelajaran yang ada.
 2. Mengetahui apakah siswa ada kesulitan dalam menerima penjelasang disampaikan dari guru mengenai  materi pembelajaran,
3. mengetahui apakah dengan strategi yang digunakan dapat menarik perhatian siswa,sehingga pusat perhatian anak  terhadap materi yang disakpaikan maksimal, serta sarana yang di ppppergunakan pun sesuai dengan kemajuan jaman,menggunakan IT misalnya
3.       tujuan merevisi pembelajaran
-          untuk memperbaiki  kelemahan dari suatu rancangan bembelajaran
-          untuk menyempurnakan bahan pembelajaran  yang relevan dengan kebutuhan siswa
-          untuk meperbaiki strategi   supaya lebih menarik dan modern
Daftar pustaka
Abdurrahman annahlawi  ,prinsip- prinsip metoda pendidikan islam dalam keluarga , sekolah dan masyarakat , cetakan ke 111 cv .diponegoro bandung,1996.
Rusman, Model-Model Pembelajaran “Mengembangkan Profesionalisme Guru”, Cet ke-IV, PT. Rajawali Grafindo Persada, Jakarta, 2001  
Asep Kurniawan, Manajemen Pendidikan Islam, 2001
Bashori Muchsin, Pendidikan Islam Kontemporer, 2009

1 komentar:

  1. Terimakasih atas tulisannya buk
    Kebetulan makalah saya merevisi rancangan kegiatan pembelajaran

    BalasHapus