Kamis, 08 Desember 2011

Melakukan Penilaian Sumatif

A.       Deskripsi
Dalam proses pembelajaran ada proses kegiatan merancang atau mendesain kemudian melaksanakan dan mengadakan evaluasi,evaluasi atau penilaian ada beberapa tahap dari evaluasi formatif , tengah smester kemudian sumatif
Evaluasi adalah bagian integral dalam proses pembelajaran serta memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan pembelajaran yang telah di laksanakan,penilaian merupakan serangkaian  kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, menafsirkan data tentang proses dan hasil yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi  informasi  yang bermakna dalam menjalankan keputusan , penilaian sumatif dilakukan setelah melewati beberapa tes formatif , dan tes sumatif dilakukansatu kali dalam satu smester dan fungsinya tidak untuk menilai hasil pembelajaran dalam satu pokok bahasan tapi tes  sumatif  jangkauan penilaiannya lebih luas   dari segi bahan ajar yang telah disampaikan, yaitu materi atau bahan ajar selama satu semester serta mempunyai bobot nilai  sekian kali dari bobot nilai penilaian formatif
.penilaian sumatif bukan lagi menilai  masih dalam proses pembelajaran ibarat seorang istri  sedang memasak sayur  kemusian dalam perjalanan proses memasaknya mencicipi  apakah sukah enak  apa masih ada kekurangan ,dalam kegiatan mencicipi tersebut dinamakan penilaian formatif, tapi kalau penilaian sumatif adalah  seorang suami mencicipi hidangan sayur hasil masak seorang istri  itu disebut penilaian sumatif
Ketentuankeberhasilan  penilaian sumatif diantaranyadalah:
·         Standar patokan nilai kelulusan atau biasa disebut KKM , penilaian sumatif dinyatakan berhasil kalau rata- rata  nilai yang diperoleh diatas  KKM tersebut
·         Ranah yang dinilai bersifat kognitif
·         Jangka waktu penilaian adalah terbatas

B.       Langkah-langkah pelaksanaan
Menyusun kisi-kisi
Dalam menyusun kisi-kisi harus diperhatikan bobot soal yang akan digarap dengan acuan bobot soal yang sulit 30%, sedang 40% dan mudah 30%, dari keseluruhan soal harus mencakup tiga ranah yaitu kognitif, apektif dan psikomotor, adapun prosentasenya kognitif 40%, psikomotor 40% dan apektif 20%.
Waktu pelaksanaan
Dilaksanakan setiap pertengahan tahun dan diakhir tahun ajaran.


C.       Tujuan:

·          Membantu murid-murid secara individu dalam meningkatkan pencapaian.
·          Memberikan gred kepada murid-murid berdasarkan pencapaian yang ditunjukkan dalam peperiksaan yang diadakan.
·         Mengiktiraf kebolehan dan kemahiran yang dimiliki oleh pelajar. Ini berdasarkan skor yang diperolehi oleh pelajar dalam penilaian yang dijalankan.
·         Dijadikan petunjuk dalam memulakan sesuatu kursus baru yang berkaitan.
·         Memperlihatkan peringkat pencapaian yang berbeza mengikut kumpulan.
·         Menentukan angka raport / menentukan angka kenaikan kelas

Daftar Pustaka
Syafruddin Nurdin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Kuantum Teaching, Jakarta
Rusman, Metode-metode Pembelajaran, rajawali pers, Jakarta.
Martinis Yamin, Profesionalisasi Guru dan Implementasinya, Persada Pers, 2007


Tidak ada komentar:

Posting Komentar